5 Fungsi Dan Informasi Penting Dari Situs BEI

By | 17 Mei 2019

Sebagai calon investor maupun yang sudah menjadi investor saham, pernahkah kamu membuka situs Bursa Efek Indonesia (BEI)? Banyak sekali lho informasi yang bisa kamu dapatkan di situs tersebut. Mari simak beberapa informasi penting di situs BEI yang bisa bermanfaat bagi para calon investor.

1. Alamat perusahaan sekuritas di tiap kota

Bagi Anda yang baru ingin bergabung menjadi investor saham, Anda bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan sekuritas terdekat di kotamu melalui situs BEI. Anda hanya perlu untuk menulis kota tempat tinggal dan klik “search”. Akan muncul beberapa nama sekuritas yang bisa kamu pilih. Setelah masuk ke halaman profil sekuritas, kamu bisa klik “Kantor Cabang”. Setelah itu, akan muncul alamat, kota, serta nomor telepon kantor cabang perusahaan sekuritas yang dapat kamu hubungi. Untuk mengakses fitur ini secara langsung, bisa juga mengklik link berikut ya: https://www.idx.co.id/investor/perusahaan-sekuritas-di-kota-anda/

2. Perusahaan sekuritas yang memiliki Shariah Online Trading System (SOTS)

Apabila kamu ingin berinvestasi saham yang sesuai syariah, tentunya akan sangat membantu apabila perusahaan sekuritasmu memiliki Shariah Online Trading System (SOTS). SOTS tersebut juga telah disertifikasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Dengan SOTS, kamu hanya bisa membeli saham-saham syariah, serta tidak bisa melakukan transaksi margin dan short-selling. Daftar sekuritas yang memiliki system ini tercantum dalam website BEI, atau bisa juga kamu buka secara langsung melalui link berikut: https://www.idx.co.id/idx-syariah/transaksi-sesuai-syariah/

3. Laporan Keuangan dan Tahunan perusahaan tercatat

Laporan keuangan dan tahunan perusahaan tentunya akan sangat bermanfaat untuk mengevaluasi kesehatan perusahaan yang sahamnya akan kamu beli atau yang sudah kamu miliki. Selain dari situs masing-masing perusahaan, laporan-laporan tersebut juga bisa kamu dapatkan dari situs BEI. Kamu bisa mengaksesnya secara langsung melalui link berikut: https://idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/. Setelah itu, kamu hanya perlu memilih jenis laporan yang kamu inginkan, kode atau nama perusahaan, serta tahun dan periode laporan.

4. Ringkasan performa perusahaan tercatat

Selain laporan keuangan dan tahunan, BEI juga menyediakan laporan keuangan yang sudah menjadi sebuah ringkasan. Dengan begitu, dapat mempermudah kamu melakukan evaluasi atas saham perusahaan yang kamu akan beli atau yang sudah kamu miliki. Kamu dapat mengaksesnya melalui link berikut: https://idx.co.id/data-pasar/laporan-statistik/ringkasan-performa-perusahaan-tercatat/ . Setelah itu, kamu hanya perlu menuliskan nama perusahaan dan klik “cari”. Apabila telah keluar nama perusahaan yang kamu cari, kamu tinggal mengklik unduh di sebelah kanan nama perusahaan dan ringkasan performa akan secara otomatis terdownload ke komputermu.

5. Konstituen indeks saham

BEI memiliki beberapa indeks yang dapat membantumu memilih perusahaan yang akan kamu beli. Sebagai contoh, indeks LQ45 beranggotakan 45 perusahaan-perusahaan yang paling sering diperdagangkan di BEI. BEI juga memiliki Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang beranggotakan seluruh saham syariah di BEI. Selain itu terdapat juga indeks lainnya seperti IDXHIDIV20 dan JII. Untuk mengetahui perusahaan-perusahaan yang menjadi anggota indeks tersebut, kamu dapat membuka link berikut: https://www.idx.co.id/data-pasar/data-saham/indeks-saham/ . Setelah itu, kamu perlu untuk memilih indeks yang kamu inginkan beserta tahunnya dan klik “cari”. Apabila nama indeks sudah muncul, Anda dapat mengklik unduh di bagian kanan nama indeks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *