6 Judul Buku Investasi Saham Terbaik Untuk Investor Pemula

By | 17 Mei 2019

Investasi tidak dapat dipelajari hanya dalam sehari. Namun, dengan cara belajar yang benar, memiliki pemahaman dan cara investasi yang baik mungkin dapat dilakukan lebih mudah daripada yang kamu bayangkan.

Salah satu sumber yang dapat menjadi referensi dalam mempelajari cara berinvestasi saham adalah buku. Dari sekian banyak judul buku tentang investasi saham, buku-buku berikut ini sangat baik dalam mengajarkan dasar-dasar berinvestasi bagi investor awam:

1. The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

Warren Buffet menganggap bahwa ini adalah buku terbaik mengenai investasi yang pernah ditulis. Benjamin Graham adalah seorang legenda Wall Street yang mempublikasikan judul bukunya pada tahun 1949. Meskipun ia terakhir kali memperbaharui bukunya di tahun 1973, buku ini masih dapat memberikan wawasan berinvestasi yang sangat berguna bagi investor awam.

2. A Random Walk Down Wall Street: The Time-Tested Strategy for Successful Investing, oleh Burton Malkiel

Ditulis oleh ekonom dan professor dari Universitas Princeton, ini merupakan salah satu buku best seller mengenai investasi. Hingga saat ini, buku ini telah terjual lebih dari 1,5 juta copy. Investasi tidak selalu mengharuskan kamu dan Burton Malkiel sangat paham atas hal itu. Ia menekankan investasi secara jangka panjang dibandingkan untung cepat, bagaimana memprediksi harga, dan bagaimana cara menghindari kesalahan yang umum dilakukan oleh para investor. Buku ini juga mengajarkan berbagai istilah dasar investasi yang sangat berguna dalam jangka panjang untuk memahami berbagai strategi investasi.

3. The Four Pillars of Investing: Lessons for Building a Winning Portfolio, oleh William Bernstein

Dr. William Bernstein adalah seorang neurologist, investor, pemikir investasi dan ia menuangkan semua pengetahuan yang ia miliki untuk menyusun buku The Four Pillars of Investing. Dengan mengkombinasikan empat pilar – teori, sejarah, psikologi, dan bisnis investasi – Bernstein menyusun sebuah strategi yang sangat berguna bagi para invetor awam untuk menyusun rencana investasi. Beberapa topik yang dibahas diantaranya adalah alokasi asset pada portfolio dan bagaimana perilaku manusia dapat mempengaruhi keputusan yang kita ambil.

4. The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America, oleh Warren Buffet dan Lawrence A Cunningham

Lawrence A. Cunningham mengelompokkan surat Buffet yang ditujukan pada para pemegang saham, yang menjelaskan prinsip-prinsip investasi dasar yang ia pahami, berdasarkan tema. Buku ini menceritakan hubungan antara perusahaan dengan para pemegang saham, membuat buku ini sangat ideal untuk investor awam. Buffet mengatakan bahwa buku ini adalah yang paling merepresentasikan pandangannya tentang investasi.

5. Stocks for the Long Run, oleh Jeremy Siegel

Jeremy Siegel merupakan salah satu dosen ternama dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Buku ini menjelaskan bahwa – setelah menghitung inflasi – ekuitas adalah investasi paling aman dalam jangka panjang. Memberikan alasan mengapa investor di pasar modal dapat menjadi investor pasif secara jangka panjang.

6. One Up on Wall Street, oleh Peter Lynch

One Up on Wall Street seketika menjadi buku best seller setelah rilisnya pada tahun 1989. Buku ini disusun oleh Peter Lynch, salah satu investor paling sukses di dunia. Dalam buku ini, Peter Lynch menjelaskan bagaimana investor awam dapat mengalahkan investor professional dengan menggunakan pengetahuan yang mereka miliki: dari supermarket hingga ke tempat kerja, kita bersinggungan dengan produk dan jasa sepanjang hari. Dengan memperhatikan produk dan jasa terbaik, kita dapat menemukan perusahaan yang baik untuk diinvestasikan sebelum analis professional menemukan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *