Adab – Adab ketika Bangun Tidur

By | 1 Mei 2019

Farhan21.com – Pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai adab – adab yang harus dilakukan ketika kita bangun tidur yang terdapat pada hadits

ADAB-ADAB KETIKA BANGUN TIDUR

1. MEMBIASAKAN DIR UNTUK BANGUN DI AWAL PAGI

“Ya Allah, berkahilah umatku pada pagi harinya.”
(HR. Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan ibnu Hibban)

2. MENGUSAP WAJAH DENGAN KEDUA TANGAN, LALU MEMBACA SEPULUH AYAT TERAKHIR SURAH ALI IMRAN

“Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya.”
(HR. Ahmad, Bukhari, Nasai, dan lainnya)

“Dari Ibnu Abbas, ia menuturkan: ‘Aku bermalam di rumah bibiku, Maimunah, …kemudian Nabi bangun, lalu mengusap wajahnya dengan tangan. Setelah itu, beliau membaca sepuluh ayat terakhir dari surah Ali-Imran.
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. MEMBACA DOA KETIKA BANGUN TIDUR

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika bangun tidur bellau membaca: Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkanku setelah mematikanku, dan kepada-Nya lah kami akan dibangkitkan [dikumpulkan].
(HR. Bukhari dan Muslim)

4. BERSIWAK DAN MENCUCI TANGAN 3X SETELAH BERANJAK DARI TEMPAT TIDUR

Nabi shallallahu’alaihi wasallam apabila bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak.
(HR. Buhari dan Musim)

Siwak berfungsi untuk menyegarkan mulut dan menghilangkan bau tak sedap yang disebabkan tidur.

Setelah bangun tidur, jangan lupa untuk mencuci tangan. Karena orang yang tidur kadang menyeka keringat, menggaruk tubuh, bahkan dapat menyentuh kemaluan atau tempat-tempat kotor tanpa disadari.

“Apabila kallan bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya tiga kali, karena dia tidak mengetahui di mana tangannya semalam berada.”
(HR Bukhari dan Muslim)

5. BERWUDHU DISERTAI ISTINSYAQ DAN ISTINTSAR SEBANYAK TIGA KALI

“Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:Apabila Bagian dal seorang di antara kalian bangun tidur siwa maka ber-istintsar-lah tiga kali karena sesungguhnya setan bermalam di batang hidungnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Istinsyaq adalah memasukkan air ke dalam rongga hidung dengan cara menghirupnya, sedangkan ictintsar adalah mengeluarkan air itu kembali.

MENDAHULUKAN ANGGOTA WUDHU SEBELAH KANAN

Islam menganjurkan umatnya agar mendahulukan bagian yang sebelah kanan ketika memulai setiap urusan yang bagus atau terpuji termasuk dalam hal berwudhu.

“Jika kalian berwudhu maka mulailah dari bagian yang sebelah kanan.”
(HR. Ibnu Majah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *