Begini Cara Menulis Cerpen Yang Baik Dan Benar

By | 26 May 2019

Farhan21.com – Siapa bilang nulis cerita pendek (cerpen) itu sulit? Nyatanya sekali duduk bisa menuntaskan satu cerita lho. Masih bingung?

Ikuti Langkah – Langkah Berikut :

Menulis, apapun itu, termasuk cerpen merupakan sebuah cara untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada pembaca. Maka sebelum memulainya, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah TEMA. Tidak usah muluk-muluk, cukup menjadikan hal di sekitar kita yang mungkin mengusik perasaan atau pikiran.

Contohnya, saat kita berjalan melewati jembatan penyeberangan, kita melihat seorang pengemis, laki-laki dewasa yang sedang tertidur. Bajunya kumal dan robek di sana-sini. Jika diperhatikan, hal ini dapat menjadi sebuah cerpen. Kita bisa menarik tema kemiskinan misalnya, dikhususkan lagi pengemis yang tertidur karena lelah, pada malam hari ia bekerja menjadi kuli, namun siangnya tak sanggup lagi bekerja dan memilih meminta-minta sambil tertidur. Ia melakukannya karena anaknya yang masih balita membutuhkan banyak biaya berobat sebab mengalami sakit parah.

Kedua MULAI MENULIS

Kata apa saja, biarkan mengalir. Tidak usah memikirkan cocok atau tidak, pas atau tidak, enak dibaca atau tidak. Semua itu tidak penting. Anda harus mengabaikan hal tersebut dan hanya harus menulis saja. Menulis dengan gaya curhat atau menulis buku harian pun tak masalah.

JANGAN MEMBACA ULANG SEBELUM TULISAN TUNTAS

Hal ini bisa membuat anda berhenti di tengah jalan. Anda hanya harus terus menulis, menyampaikan ide dan gagasan anda tanpa banyak pertimbangan. Bagian editing, termasuk membaca ulang itu bisa dilakukan dua atau tiga hari setelah masa pengendapan naskah, pengendapan naskah biasanya 3-7 hari.

JANGAN RISAU DENGAN PANJANG ATAU PENDEKNYA TULISAN

Jika anda hanya mampu menulis tiga paragraf saja, satu atau dua halaman, jangan terbebani. Meski terlihat pendek, namun jika anda merasa gagasan atau tema anda sudah utuh tertuang, maka selamat! Anda sudah berhasil menulis cerpen. Tipsnya, endapkan naskah. Simpan dan jangan diingat-ingat. Buka kembali setelah beberapa hari untuk diperbaiki.

Mudah kan? Menulis hanya perlu menulis. Abaikan dulu tekhnik dan sebagainya. Perlahan hal ini akan anda kuasai seiring jalan.