Cara Gampang Buat Blog Menggunakan WordPress

Farhan21.com – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cara gampang buat blog menggunakan wordpress. Seiring berjalannya waktu dunia blogging sudah mengalami kemajuan atau perubahan yang sangat pesat, sebelum adanya adsense kebanyakan orang membuat blog hanya untuk sekedar berbagi ilmu yg mereka dapatkan dan untuk berbagi pengalaman mereka masing- masing.

Dan pada saat ini blog telah berubah menjadi tempat mencari informasi, hiburan dan bahkan menjadi perkejaan bagi orang-orang yang menganggur.

Berikut Cara Gampang Buat Blog Menggunakan WordPress

Pilihlah CMS yang terbaik
wordpress adalah content management system (CMS) yang paling banyak digunakan saat sekarang ini dan memiliki saham yang banyak atau paling tinggi dibandingkan dengan CMS lainnya seperti Joomla, Squarespace, dan Drupal.
website-website yang terkenal di dunia pun juga menggunakan wordpress khussusnya wordpress self-hosted seperti BBC America, Tech Crunch, The New Yorker.

WordPress mempunyai 2 tipe yaitu wordpress.org dan wordpress.com, perbedaannya adalah kalau wordpress.org user dapat menghosting blog atau websitenya sendiri, berbeda dengan wordpress.com website atau blog user akan di hosting oleh pihak wordpress itu sendiri.

Berikut pembahasan mengenai wordpress.com

Kalo anda ingin membuat blog atau website dengan wordpress.com , mereka akan menyediakan 4 paket untuk hosting blog anda yaitu gratis, pribadi, premuim dan bisnis. Untuk harga nya mulai dari 4$ hingga 25$ dimulai dari pribadi hingga bisnis, kalau anda masih pemula anda bisa memilih paket yang gratis.

Untuk kelebihan dari wordpress.com :
1. WordPress.com cocok untuk user pemula yang ingin belajar blog dengan gratis dan wordpress.com juga menggratiskan ruang penyimpanan sebesar 3GB.
2. wordpress.com juga mempunyai fitur gratis yaitu backup file dan update otomatis jadi anda tidak perlu pusing biar wordpress.com yang menanganinya.

Untuk kekurangan dari wordpress.com :
1.
Bagi anda yang memilih paket gratis , anda tidak bisa merubah nama domain dengan nama sendiri, nama blog akan berupa subdmain wordpress.com contohnya farhan21.wordpress.com.
2. Anda harus benar-benar mematuhi peraturan yang dibuat oleh wordpress.com karna blog dan konten anda bukan milik pribadi anda melainkan milik wordpress.com
3. Pada wordpress.com anda tidak bisa mengistall plugin dan tema secara bebas, anda hanya bisa menggunakan atau memilih tema yang sudah disediakan oleh pihak wordpress.com.
4. Pihak wordpress.com akan menampilkan iklan di blog anda jika anda sudah memadai , tetapi anda tidak mendapat bagian atau hasil dari iklan tersebut, ini yang bikin kesal sih 😀
5. Pada wordpress.com anda tidak bisa memonetisasi blog atau website dengan bebas, kalau iklan menambahkan iklan anda bisa gunakan WordAds, itupun penghasilan nya dibagi 2 dengan pihak wordAds nya
6. Anda tidak bisa menghubungkan wordpress.com ke google analytics, kecuali anda memilih paket bisnis.


Berikut pembahasan mengenai wordpress.org

Bagi anda yang ingin serius nge blog wordpress.org adalah solusinya karna sekitar 40% blog atau website didunia ini menggunakan wordpress.org yang diberdayaan oleh wordpress self-hosted ini.

Untuk kelebihan dari wordpress.org :
1.
Blog anda menjadi hak penuh milik anda dan mendapat kontrol penuh terhadap blog dan data-data yang ada didalam blog tersebut.
2. Anda dapat dengan bebas mengistall plugin dengan gratis maupun yang berbayar yang berguna untuk optimasi blog anda.
3. Pada wordpress.org tidak ada batasan untuk kustomisasi pada tema, anda dapat mendesain tampilan blog anda dengan karya anda sendiri.
4. Pada wordpress.org anda dapat memonetisasi blog anda sesuai dengan keinginan seperti dengan menghubungkan ke adsense.
5. Anda bisa menghubungkan nya dengan google analytics untuk melihat trafic blog atau website.

Untuk kekurangan dari wordpress.org :
1.
Tentu tidak gratis ya , untuk perlu mengeluarkan uang untuk membeli hosting dan domain untuk bisa membuat blog atau website.
2. Pada wordpress.org ini merupakan tanggung jawab penuh anda dan tidak ada campur tangan pihak lain .

untuk kedua layanan wordpress di atas wordress.com diwajibkan untuk pemula yang ingin belajar blog, dan wordpress.org untuk orang yang ingin serius ngeblog dan ingin menghasilkan uang dari konten-kontennya.

Cara Gampang Buat Blog Menggunakan WordPress Self-Hosted Atau wordpres.org

Berikut cara gampang buat blog menggunakan wordpress atau website menggunakan wordpress.org.

1. Membeli Web Hosting
Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membeli paket hosting dan domain, hosting adalah tempat menyimpan data-data blog, bisa kita ibaratkan dengan harddisk atau tempat penyimpanan.
Ada banyak penyedia web hosting di indonesia tapi yang saya sarankan membeli di ( Hostinger ) karna web hosting yang satu ini paling banyak diminati dan harga hosting nya pun ramah di kantong. Hostinger menyediakan 3 paket hosting yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini
dari ketiga pilihan di atas , kalo anda ingin membuat blog pribadi saran saya pilih saja web hosting singel karna sudah dilengkapi penyimpanan sebesar 10GB dan 100GB bandwith, spesifikasi itu sudah cukup untuk kalian yang membuat blog pribadi.

Kelebihan yang di tawarkan oleh Hostinger

1. Kalau ada keluhan customer services nya siap melayani 24/7
2. Hosting unlimited buat yang beli paket premium dan bisnis
3. Anda bisa mendapatkan domain dan SSL secara gratis kalau membeli paket hosting selama 1 tahun
4. Control panel nya yang simple dan mudah digunakan
5. Membangun atau menginstall wordpress dengan 1 klik saja
6. Anda mendapat jaminan 30 hari uang kembali

2. Mendaftarkan Domain

Langkah selanjutnya setelah membeli hosting anda harus membeli domain, anda bisa mengecek ketersediaan nama domain dengan menggunakan fitur cek domain dari hostinger.

3. Menginstall wordpress

Langkah selanjutnya untuk membuat blog anda harus menginstal wordpress.org, untuk menginstall nya anda harus masuk ke control panel hosting, dan pilih auto installer dan pilig wordpress, dan disini lah kelebihan hostinger anda cukup menekan 1 klik dan wordpress anda sudah bisa digunakan, untuk panduan menginstall nya sedang saya buat tutorial nya , menyusul aja 😀

4. Memilih Tema

Langkah selanjutnya adalah memilih tema untuk blog anda. Anda bisa memilih tema yang gratis maupun yang berbayar yang sudah di sediakan oleh wordpress, atau anda bisa beli tema di envanto market, setelah itu anda juga harus menginstal plugin-plugin pendukung untuk optimasi wordpres anda.

5.  Memulai Membuat Post Pertama Anda Atau Memulai Blogging

Setelah selesai menginstall tema dan plugin , langkat selanjutnya membuat konten-konten untuk blog anda , dan jangan lupa promosikan ke sesama blogger, dan ke media sosial dan forum-forum lainnya.

Itu tutorial cara gampang buat blog menggunakan wordpress, apabila ada yang ingin ditanyakan tulis saja di kolom komentar 😀

Tinggalkan komentar