7+ Tutorial Cara Setting Lengkap Plugin Yoast SEO 2019 Terbaru & Terupdate

By | 18 Agustus 2019

Artikel ini sengaja saya buat karna banyak sekali yang mengirim email kepada saya, isi nya minta setting plugin yoast SEO 2019 milik saya.

Pada kesempatan ini saya akan menuliskan secara detail mengenai cara setting Yoast SEO untuk mengoptimasi On Page blog Anda.

Untuk Settingan ini dikhusus kan untuk pengguna plugin yoast SEO versi gratis ya..

Cara Setting Plugin Yoast SEO 2019

Pada tampilan utama yoast terdapat 7 buah menu yang perlu kamu ketahui yaitu General, Search Appearance, Search Console, Social, Tools, Premium dan Courses. Dan pada setiap menu tersebut dibagi lagi dalam sub-menu yang mempunyai fungsi penting pada bagian tersebut.

Perlu diketahui settingan plugin yoast SEO ini menurut versi saya dan sudah diterapkan pada blog ini. Berikut ulasan settingan nya.

1. General

1.1. Dashboard

7+ Step Cara Setting Plugin Yoast SEO 2019 Terbaru & Terupdate

Dashboard Yoast SEO

Pada tampilan general kamu akan melihat 3 buah sub-menu yakni : Dashboard, Features, Webmaster Tools. Fungsi menu dashboard ini untuk mengetahui masalah mengenai setting yoast blog kamu apabila ada yang error dan untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari yoast apa bila ada pembaruan setting pada pluginnya.

1.2. Features

7+ Step Cara Setting Plugin Yoast SEO 2019 Terbaru & Terupdate

Features Yoast SEO

Pada sub-menu features kamu dapat melakukan penyettingan cukup menekan tombol ON & OFF. Gambar di atas adalah settingan sub-menu features yoast milik saya dan dapat diterapkan pada blog kamu.

SEO analysis

Pengaturan ini berfungsi untuk memunculkan indikator analisa SEO pada seluruh isi artikel dan struktur blog kamu. biasanya indikator ini terletak di bagian bawah pada saat kita menulis artikel dan juga bisa dilihat pada dashboard WP kamu.

Readability analysis

Pengaturan ini berfungsi untuk memunculkan indikator analisa kemudahan untuk membaca dan memahami suatu teks yang kamu tulis. Fitur ini sebaiknya di nonaktifkan saja karna, lebih optimal digunakan menggunakan bahasa Inggris. Kalau blog kamu menggunakan bahasa Inggris fitur ini sangat membantu kamu dalam menulis artikel.

Cornerstone content

Pengaturan ini berfungsi untuk menandai artikel – artikel utama yang menurut sudah di optimalkan SEO nya. Dengan mengaktifkan fitur ini akan memberikan “sinyal positif” kepada Seacrh Engine Google karna artikel tersebut sudah sangat Optimal dan SEO.

Text link counter

Fitur ini memiliki fungsi untuk menghitung jumlah link di dalam artikel kamu. Tujuannya untuk memudahkan membangun struktur internal link yang baik di dalam blog kamu.

XML Sitemaps

Pengaturan ini berfungsi untuk membuat struktur sitemap ( Peta Situs ), atau daftar URL post & page yang ada di dalam blog kamu. Fitur ini sangat penting di aktifkan karna memudahkan Googlebot ( robot Google ) dalam merayapi situs blog kamu.

Ryte integration

Pada fitur ini kamu harus wajib mengaktifkannya karna dapat membantu memberikan sinyal atau ping kepada search engine.

Admin bar menu

Pengaturan ini untuk memunculkan logo Yoast SEO di deretan kiri atas dashboard WP kamu, sebaiknya kamu nonaktifkan saja karna tidak begitu penting.

No advanced settings for authors

Fitur ini memiliki fungsi sebagai keamanan untuk menyembunyikan beberapa pengaturan penting Yoast dari dashboard penulis ( selain admin ) di blog kamu ( jika kamu mempunyai banyak pengguna di WP ).

1.3. Webmaster Tools

7+ Step Cara Setting Plugin Yoast SEO 2019 Terbaru & Terupdate

Webmaster Tools

Pada sub-menu Webmaster Tools ini berfungsi untuk memverifikasi blog kamu agar bisa terindeks di search engine atau mesin pencari Google, Bing, Yandex, Baidu.

Cara verifikasi nya sangat gampang kamu hanya perlu menekan link yang ada di bawah kolom menu tersebut dan nanti kamu akan diarahkan untuk malakukan penyettingannya.

2. Search Appearance

2.1. General

Menu selanjutnya yakni search appearance, pada menu ini berisi pengaturan tampilan blog yang ada di mesin pencari Google dll.

Menu ini terdiri dari 6 sub-menu yakni General, Content types, Media, Taxonomies, Archives, Breadcrumbs dan RSS.

Mari kita bahas satu – satu yang pertama yaitu sub-menu General 

7+ Step Cara Setting Plugin Yoast SEO 2019 Terbaru & Terupdate

General

Title separator 

Symbol untuk pemisah antara judul artikel dan nama blog kamu pada tampilan search engine. Contoh : Farhan21.com | Situs Informasi Terlengkap Dan Terupdate

SEO Title dan Meta description

Judul dan deskripsi yang muncul pada mesin pencari atau bisa disebut juga identitas pada suatu blog.

Knowledge Graph & Schema.org

Kolom ini digunakan untuk mengisi meta data pemilik blog. Dan hasilnya dapat dilihat pada Google’s Knowledge Graph.

2.2. Content Types

Pada sub-menu content types, terdapat pengaturan tampilan judul dan deskripsi artikel-artikel blog Anda ketika muncul di halaman search engine Google.

Gambar dibawah ini pengaturan yang saya terapkan pada blog ini.

7+ Step Cara Setting Plugin Yoast SEO 2019 Terbaru & Terupdate

7+ Step Cara Setting Plugin Yoast SEO 2019 Terbaru & Terupdate

Content Types

Show Posts in search result

Bagian ini berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan artikel blog pada mesin pencari.

Date in snippet Preview

Bagian ini berfungsi untuk menampilkan tanggal penerbitan artikel kamu di search engine. Letaknya pada bagian samping deskripsi artikel.

Yoast meta box

Memunculkan indikator di dalam artikel untuk mempermudah kamu untuk mengoptimalkan artikel dari sisi SEO On Page.

SEO title

Kalian cukup menambahkan tittle saja, tujuan agar otomatis mengambil judul artikel yang dibuat.

Meta description

Bagian ini sebaiknya dikosongkan saja, karna membuat meta deskripsi artikel itu sebaiknya ditulis secara manual, karna kita dapat menambahkan kata kunci yang diinginkan.

2.3. Media

Pada ini pengaturan kamu pilih saja YES, tujuannya supaya semua attachment URL otomatis di redirect ke media / gambar itu sendiri.

7+ Step Cara Setting Plugin Yoast SEO 2019 Terbaru & Terupdate

Media

Kalau kamu memilih NO semua semua attachment URL bisa di akses dan dapat terindex oleh mesin pencari.

2.4. Taxonomies

Pada sub-menu ini saya menonaktifkan fungsi kategori dan tag, kenapa?, karna yang ingin saya optimasi adalah artikel nya saja, jadi fungsi kategori dan tag hanya untuk mengelompokkan artikel saja.

 

Kategori

Tag

Untuk pengatuan kategori, tag dan post format saya setting No dan semua kolom dikosongkan. Pada gambar di bawah ada bagian Category URLs, saya pilih remove.

post format & category prefix

Misal kamu memilih Keep maka tampilan url nya menjadi domain.com/category/blog, dan untuk remove menjadi domain.com/blog. Jadi sebaiknya pilih remove saja karna url nya menjadi pendek dan sederhana, karna mesin pencari menyukai url yang sederhana.

2.5. Archives

Untuk pengaturan author, jika kamu hanya memiliki 1 orang penulis di blog, maka sangat dianjurkan oleh yoast untuk disable, karna jika diaktifkan akan terjadi duplikat konten.

Pengaturan Date Archive sebaiknya di matikan saja.

Archives

2.6. Breadcrumbs

Pada pengaturan breadcrumbs boleh di nonaktifkan jika tema kamu ada fitur breadcrumbsnya, berhubung tema saya tidak ada pengaturannya jadi saya aktifkan.

Breadcrumbs

Kamu dapat mengganti URL blog di mesin pencari dengan fitur taxonomy dibawah ini. Default URL yang tampil misalnya domain.com/tutorial-bikin-manusia, kalau kamu memilih “Category” maka URL menjadi domain.com/tutorial ( sesuai kategori tempat artikel tersebut berada ).

Pengaturan tampilan URL

2.7. RSS

Untuk pengaturan rss kalian bisa contoh pada gambar dibawah..

Pengaturan RSS

3. Search Console

Pada menu ketiga ini kita dihadapkan dengan pengaturan search console, dimana tujuannya untuk mengintegrasikan blog kita dengan Google Search Console.

Pada plugin yoast ini kamu akan dipermudah untuk mengintegrasikan blog dengan google search console, karna sudah ada menunya dan kamu akan di tuntun untuk mengaitkannya.

Caranya cukup gampang, kamu hanya perlu menekan Reauthenticate with Google dan ikuti tutorial yang diberikan yoast tersebut.

Integrasi dengan Search Console

4. Social

Jika pada profil Search Appearance kamu memilih “Personal Info” sebagai representasi blog kamu, maka fitur ini tidak akan aktif. Jadi kamu bisa melengkapi info akun media sosial di profil kamu. Masuk ke menu Users >> Your Profile pada dashboard blog Anda.

Pengaturan Social Media

Pada pengaturan facebook kamu wajib mengaktifkan Add Open Graph meta data, fungsinya untuk menampilkan pratinjau dengan gambar dan kutipan teks ketika tautan ke situs Anda dibagikan, dan aktifkan juga social media yg lainnya twitter dan pinterest.

5. Tools

Pada menu tools kamu dapat melakukan export-import pengaturan plugin, file editor, dan bulk editor ( pengaturan sekaligus beberapa file ). Menurut saya fitur ini sangat membantu kamu dalam mengelola beberapa blog, karna kamu cukup mengimport file settingan yoast, jika blog kamu mengalami error, jadi tidak perlu di atur dari awal lagi.

5.1. Import & Export

Di pengaturan ini kamu bisa melakukan import pengaturan Yoast SEO dari blog lain untuk diterapkan ke blog Anda. Dan sebaliknya kamu juga bisa export pengaturan kamu untuk digunakan di blog lain. Fitur ini yang saya bahas di atas tadi. Semoga membantu

Fitur import & export

5.2. File Editor

Pada pengaturan ini kamu bisa mengedit robots.txt dan file .Htaccess, kedua fitur ini sangat penting bagi blog kamu jangan sampai salah edit ya.

Fungsi dari Robots.txt sendiri yakni untuk memberi sinyal kepada Googlebot halaman-halaman mana saja yang diizinkan untuk di crawl dan ditampilkan di hasil pencarian Google.

kamu bisa mencontoh pengaturan robots.txt saya pada gambar dibawah ini

Pengaturan Robots.txt

Selanjutnya pengaturan file .Htaccess, Htaccess merupakan file text sederhana berformat ASCII yang bisa digunakan untuk merubah beberapa konfigurasi untuk mengarahkan pada web server Apache.

Untuk pengaturan di yoast di biarkan default saja, jangan coba” merubah kalau belum faham mengenai file .Htaccess, akibat nya blog akan menjadi error.

5.3. Bulk Editor

Menu ini berfungsi untuk  mengubah beberapa judul artikel postingan sekaligus ( bulk editing ).

6. Premium

Bagi kamu yang ingin fitur yang lebih lengkap, bisa mencoba membeli yoast SEO premium. Kalau saya sih versi gratis saja, karna sudah lebih dari cukup fitur yang diberikan.

7. Courses

Pada menu ini kamu akan menumpai sekumpulan materi pelatihan seputar Blog dan SEO. kamu bisa mengaksesnya dengan status Free Trial.

Baca juga : Panduan lengkap Settings Plugin WP Rocket 2019 Terbaru & Terupdate

Penutup

Terima Kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Pembahasan nya lumayan panjang juga ya.., Mohon kasih review Bintang 5 nya ya.. TERIMA KASIH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *