5 Manfaat Belajar Hadits Dalam Islam

By | 21 April 2019

Farhan21.com – Dalam surah (QS. Al-Ahzab: 21) Allah berfirman “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu  (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat, dan dia banyak menyebut Allah.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam berkata kepadaku:

“Wahai, anakku! Jika kamu mampu pada pagi sampai sore hari di hatimu tidak ada sifat khianat pada seorang pun, maka perbuatlah.”
Kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wassalam berkata kepadaku lagi:
“Wahai, anakku! itu termasuk sunnahku. Dan barangsiapa yang menghidupkan sunnahku, maka ia telah mencintaiku. Dan barangsiapa yang telah mencintaiku, maka aku bersamanya di surga.”
(HR.At-Tirmidzi)

“Barang siapa yang membenci sunnahku, maka ia bukanlah termasuk umatku.”
(HR. Bukhari-Muslim)

5 Manfaat Belajar Hadits Dan Mengamalkan Sunnah Nabi Muhammad SAW

1. WAJAH PARA PENUNTUT ILMU HADITS CERAH/BERSERI-SERI

Mudah-mudahan Allah menjadikan berseri-seri wajah orang yang mendengarkan perkataanku lalu memahaminya dan menghafalkannya kemudian dia menyampaikannya, karena sesungguhnya boleh jadi orang yang memikul (mendengarkan) fiqh namun dia tidak faqih (tidak memahaminya) dan boleh jadi orang yang memikul (mendengarkan) fiqh menyampaikan kepada yang lebih paham darinya.
(HR. At-Tirmidz)

2. MENYEMPURNAKAN IBADAH

Ada beberapa ibadah yang tidak dijelaskan secara detail dalam Al-Qur’an mengenai tata cara pelaksanaannya. Untuk itu, kita dapat merujuk kepada hadits, agar dapat melaksanakan tata cara ibadah dengan lebih sempurna.

Karena, bila kita melakukan ibadah namun tidak berdasarkan tata cara yang telah ditetapkan oleh Al-Qur’an maupun hadits, selama kita tidak mau mempelajarinya, maka ibadah tersebut tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wa Ta’ala.
Na’udzubillahimindzalik.

3. LADANG PAHALA YANG MUDAH DIAMALKAN

Yang namanya ladang, pastilah luas dan besar. Karena itu, tidak berlebihan rasanya jika sunnah dikatakan sebagai ladang pahala.

Mengucap salam, termasuk pahala sunnah. Makan dengan tangan kanan, termasuk pahala sunnah. Masuk kamar mandi mendahulukan kaki kiri, termasuk pahala sunnah lagi.

Begitu banyak amalan sunnah yang dapat kita lakukan kapan pun dan di manapun, di sela-sela amalan wajib, pastinya.

Kebanyakan amalan sunnah tidak memerlukan syarat-syarat tertentu seperti halnya amalan wajib. Misalnya, shalat fardhu yang sudah ada jadwal pelaksanaannya, harus berwudhu terlebih dahulu. Atau, zakat yang sudah ditetapkan perhitungan besar-kecilnya.

Amalan sunnah semisal dzikir, berinfaq, atau beberapa hal sederhana lainnya, dapat dilakukan tanpa syarat.

4. BERMANFAAT BAGI KESEHATAN TUBUH

Selain bermanfaat bagi kesehatan rohani, ternyata banyak sekali lho sunnah yang sudah terbukti secara ilmiah, baik pula bagi kesehatan jasmani! Apa saja itu? Sabar…akan dibahas pada bagian selanjutnya.

5. MEMPERBAIKI KUALITAS HIDUP

Mempraktikkan sunnah juga dapat mengubah kualitas hidup kita. Nggak percaya? Coba dengan sunnah sederhana, yaitu membagikan senyum kepada sesama. Atau sunnah lainnya, yaitu berhubungan baik dengan para tetangga.

Ada pula anjuran Rasulullah untuk berteman dengan orang-orang shaleh/shalehah, saling mengirimi hadiah, dan masih baaaanyaaaak hadits lain yang bermanfaat bagi kita semua.

“Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorang pun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan.”
(HR, Bukhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *