Mengetahui Istilah Google Adsense CPC RKT PPS Saldo

By | 15 September 2018

Farhan21.com – Pada saat sekarang ini Google Adsense masih menjadi jaringan iklan terbesar di dunia dengan pembayaran PPC ( Pay Per Click), Banyak Youtuber dan Blogger Sukses yang mendapatkan ribuan dollar per hari atau perbulannya. Baiklah pada  kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai mengetahui istilah google adsense CPC RKT PPS Saldo.

Bagi anda yang baru diterima menjadi publisher google adsense atau bisa disebut pemula , di antara kalian pasti sangat bingung atau tidak tau apa maksud dari tampilan dashboard google adsense, karna istilah-istilah pada tampilan dashboard google adsense tersebut kalimat nya hanya berupa singkatan-singkatan contoh nya CPC, RPM, RKT dan lain-lain, kalian akan banyak menemukan istilah-istilah asing pada menu dashboard google adsense, berikut saya akan menjelaskannya satu persatu :

* Tampilan Halaman ( Page Views )
* Penghasilan Tertaksir ( Estimasted Earnings )
* Tayangan ( Impressions )
* RKT Laman ( Page CTR )
* Klik ( Clicks )
* CPC ( BPK )
* RPM Laman ( Page RPM )
* Saldo ( Balance )
* Dan lain-lain

Pasti kalian akan banyak bertanya-tanya apa maksud dari singkatan istilah-istilah tersebut ? , saya dulu juga begitu pada saat saya di terima menjadi publisher google adsense dan saya sangat bingung apa maksud dari istliah tersebut dan akhirnya saya cari tahu mengenaik singkatan tersebut, dan alhamdulillah sekarang saya sudah paham mengenai apa arti dari istilah tersebut. Dan kali ini saya akan berbagi ilmu atau pelajaran yang saya dapatkan dari luar yaitu mengenai  mengetahui istilah google adsense CPC RKT PPS Saldo

Mengetahui Istilah Google Adsense CPC RKT PPS Saldo

Istilah tersebut sebenarnya adalah laporan atau informasi yang di berikan oleh google adsense kepada publisher nya terkait dengan data taksiran penghasilan yang akan diperoleh.
Dengan diberikannya data statistik adsense ,sebenarnya akan memudahkan kalian untuk mengetahui seberapa optimal kinerja iklan adsense kalian..

Berikut daftar istilah google adsense :

Klik ( Cliks )
Klik adalah banyak iklan yang di klik oleh pengunjung blog kamu.

CPC ( BPK )
Cpc adalah cost per click atau dalam bahasa Indonesia ( biaya per klik ) merupakan ketetap komisi yang di berikan oleh google adsense dalam dollar atau rupiah setiap pengunjung yang mengklik iklan kalian.

Harga CPC iklan ditentukan oleh pengiklan dengan metode lelang. Pengiklan biasanya bersedia membayar lebih dari pada pengiklan lainnya tergantung jenis produk yg di iklankannya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar atau kecilnya bpk, mulai dari sumber lalu lintar atau traffic blog, niche blog, dan negara pengunjung, dan masih banyak hal lain yg mempengaruhi rendahnya cpc. Cpc akan bernilai jika pengunjung atau visitor blog kamu adalah pencarian organik ( Google Search Engine ).

Di negara kita di Indonesia biaya CPC nya berkisar antara $0.01-$0.05 per klik, dengan biaya segitu bisa disebut murah sekali, tapi kalau pengunjung kalian dari negara lain biayanya akan berlipat dari biaya di atas, karna iklan di negara luar itu sangat mahal, itulah mengapa orang sekarang banyak membuat blog dengan berbahasa inggris agar mendapat biaya yang mahal.

Tampilan Laman ( Page Views )
Tampilan laman adalah jumlah tampilan keseluruhan yang dilihat oleh visitor yang di pasangkan iklan google adsense. Tampilan halaman tidak akan dipengaruhi oleh jumlah unit iklan aktif yang terpasang pada halaman blog anda.
Misalnya kalian memasang unit iklan sebanyak 2 buah dan halaman akan tampil sebanyak 10 kali, dan hasil tampilan nya tetap 10 kali.

RPM Laman ( Page RPM  )
RPM adalah singkatan dari ( Revenue Per Thousand Impression ) yang artinya penghasilan bila halaman blog kalian sudah tayang 1000 kali. RPM ini hanya melaporkan penghasilan tertaksir perseribu kali tayang, bukan penghasilan kamu yg sebenarnya.

RPM berfungsi untuk membandingkan penghasilan jika kamu memiliki beberapa blog yg terdaftar di adsense tersebut.
Adapun rumus untuk mencari penghasilan dari RPM
RPM = ( Penghasilan Terhitung / Jumlah Tampilan halaman ) x 1000
Contoh = RPM ( $3.52 / 4.600 ) x 1000 = $ 0.77 dan saya ingatkan lagi ini cuma taksiran bukan yg sebenarnya.

Tayangan ( Impression )
Impression adalah  tayangan yang di hitung untuk setiap permintaan iklan , misalnya jika dalam 1 halaman terdapat 3 unit iklan yang tampil , maka jika halaman tersebut tayang sebanyak 100 kali, maka tayangan diperkiran = 300.

RKT ( Rasio Klik Tayang )
RKT merupakan persentase dari jumlah klik iklan yang kamu dapatkan dan dibandingkan dengan tampilan halaman.
RKT biasanya dihitung dengan rumus :
Klik/ Tayang laman x 100%

Contoh : jika saya mendapat 21 klik untuk 1600rb tampilan laman maka rkt nya adalah
RKT = 21/1600 x100% = 1,17%

Saldo
Saldo adalah jumlah semua penghasilan akhir yang kamu dapatkan dalam jangka waktu satu bulan , saldo akan di akumulasi tiap awal bulan, sehingga saldo yg tampil saat ini belum termasuk dengan penghasilan yang kamu peroleh bulan ini

Itulah sedekit penjelasan tentang mengetahui istilah google adsense CPC RKT PPS Saldo, apabila ada pertanyaan tulis saja di kolom komentar.