Category Archives: Pengetahuan

Pembahasan Lengkap Networking Protocol

Apa Itu OSI? OSI adalah (Open System Interconnection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain ditujukan bagi pengkoneksian open system. (suatu sistem yang terbuka untuk berkomunikasi dengan sistem-sistem lainnya ). Berapa Buah Lapisan/ layer Pada OSI? OSI terdiri dari 7 buah lapis layer… Read More »

Begini Cara Menulis Cerpen Yang Baik Dan Benar

Farhan21.com – Siapa bilang nulis cerita pendek (cerpen) itu sulit? Nyatanya sekali duduk bisa menuntaskan satu cerita lho. Masih bingung? Ikuti Langkah – Langkah Berikut : Menulis, apapun itu, termasuk cerpen merupakan sebuah cara untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada pembaca. Maka sebelum memulainya, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah TEMA. Tidak usah muluk-muluk, cukup menjadikan hal di… Read More »

Teknik Modulasi Amplitudo Pulsa (PAM)

Konsep dasar PAM adalah merubah amplitude sinyal pembawa yang masih berupa deretan pulsa (diskrit) dimana perubahannya mengikuti bentuk amplitude dari sinyal informasi yang akan dikirimkan ketempat tujuan. Sehingga sinyal informasi yang akan dikirim tidak seluruhnya tapi hanya sampel saja (sampling sinyal). Modulasi adalah proses pencampuran dua sinyal menjadi satu sinyal. Biasanya sinyal yang dicampur adalah sinyal berfrekuensi tinggi… Read More »

Penjelasan Tentang Amplitudo Modulasi

Amplitudo Modulasi             Dalam Amplitudo Modulasi amplitudo sinus frekuensi gelombang tinggi (carrier) yang bervariasi sesuai dengan nilai sesaat dari sinyal modulasi. Pertimbangkan sinus sinyal Vm (t) dengan frekuensi f Vm (t)= B. Sin (2πf.t) Dan lain sinus sinyal Vc (t) disebut modulasi sinyal, sinyal Vc (t) disebut sinyal pembawa Vc (t)= A. Sin (2πf.t) Sinyal Vm (t) disebut… Read More »

Penjelasan Time Division Multiplexing

Proses Transmisi TDM Akan ada beberapa sinyal informasi yang akan masuk ke dalam Multiplexer dari TDM, sinyal-sinyal tersebut memiliki bit rate yang rendah dengan sumber sinyal yang berbeda-beda. Ketika sinyal tersebut memasuki Multiplexer, maka sinyal akan melalui sebuah switch rotary yang menyebabkan sinyal informasi yang sebelumnya telah disampling itu akan dibuat berubah-ubah tiap detiknya. Hasil Output dari switch… Read More »