Penemuan Besar Dalam Sejarah Yang Ternyata Hasil Rekayasa

By | 4 Desember 2019

Farhan21.com – Sepanjang sejarah umat manusia, penemuan-penemuan besar telah berhasil tercatat. Penemuan-penemuan ini baik yang bersifat alam ataupun mesin sangatlah besar manfaatnya bagi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan manusia di dunia. Namun dalam kenyataannya ada saja orang-orang yang merekayasa suatu alat atau makhluk hidup baik secara sengaja atau pun tidak sehingga saat ditemukan seolah-olah itu merupakan penemuan asli namun sebenarnya hanyalah sebuah tipuan belaka.

Berikut ini 3 penemuan-penemuan besar dalam sejarah dunia yang ternyata hanyalah rekayasa atau hoax saja

1. Mesin Redheffer

Pada tahun 1813, seorang penemu asal Amerika bernama Charles Redheffer memperkenalkan mesin temuannya yang dapat bergerak secara terus menerus tanpa bantuan alat tertentu. Mesin ini pertama kali diperkenalkan di Philadelphia dan cukup membuat antusiasme publik saat itu. Ia bahkan menawarkan hasil temuannya pada pemerintah.

Namun seorang insinyur bernama Robert Fulton menyangsikan klaim Redheffer pada mesin yang disebut-sebut dapat bergerak abadi. Dari hasil penelusuran diketahui ada seorang pria tua yang berada di loteng dan memutar sebuah tongkat agar mesin tersebut dapat terus bekerja.

2. Putri Duyung dari Fiji

Pada tahun 1842, Dr.J.Griffin tiba di kota New York dengan membawa bangkai kering yang diduga putri duyung yang didapatnya dari Kepulauan Fiji, Pasifik Selatan. Duyung ini pun kemudian dipertontonkan di American Museum yang segera menjadi primadona di museum ini karena antusiasme penonton yang tinggi ingi melihat langsung putri duyung itu.

Namun ternyata setelah dilakukan penelitian, bangkai kering yang terlihat mengerikan itu sama sekali bukan duyung seperti dugaan banyak orang. Bangkai kering itu tak lain adalah jasad kera yang telah diawetkan melalui proses taksidermi. Bangkai kera itu disatukan dengan cara dijahit dengan bangkai ikan sehingga begitu disatukan akan terlihat seperti ikan duyung.

Menurut laporan masyarakat sekitar tempat ditemukannya putri duyung palsu itu, pada sekitar tahun 1810, nelayan Jepang yang bermukim di sekitar sana kerap membuat “putri duyung” untuk keperluan upacara adat keagamaan tradisional. Mungkin beberapa duyung yang dibuat itu terbawa arus air laut dan ditemukan.

Baca Juga : Lukisan Yang Belum Selesai Tetapi Menjadi Terkenal Didunia

3. Mesin Catur “The Turk”

Pada tahun 1770, seorang insinyur Hongaria bernama Wolfgang von Kempelen mengklaim dirinya berhasil membuat robot pecatur yang dapat bermain dengan lihai yang disebutnya The Turk. Robot pecatur ini dikisahkan sangat hebat dalam bermain catur melawan orang-orang yang ahli catur sekalipun. Tak kurang dari nama-nama besar dunia seperti Benjamin Franklin dan Napoleon Bonaparte pernah menjajal kemampuan The Turk.

The Turk pun kemudian berhasil melakukan tur dan kompetisi catur hingga melintasi Eropa dan Amerika. Namun pada tahun 1820, Edgar Allan Poe, novelis misteri terkenal asal Amerika berhasil membuktikan bahwa alat ini merupakan hasil rekayasa. Dalam penyelidikannya, ia berhasil menemukan seorang pemain catur handal bertubuh kecil yang diletakkan tersembunyi di dalam mesin catur itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *