Pengertian, Keuntungan, Resiko Dalam Bermain Saham

By | 17 Mei 2019

According to many books, Saham adalah bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan yang berbentuk PT/ Perseroan terbatas (baik itu yang tertutup maupun terbuka) atau dengan kata lain saham itu adalah surat milik.

Artinya ketika kita membeli saham suatu perusahaan berarti kita membeli perusahaan tersebut, termasuk hak dan kewajiban yang melekat didalamnya. Namun saat ini wujud saham adalah tidak dalam bentuk surat lagi dan sudah beralih ke surat elektronik.

Keuntungan Membeli Saham

Capital Gain
Layaknya membeli suatu usaha bersama, keuntungan yang dapat Kita peroleh pada saat membeli saham adalah kenaikan nilai dari usaha tersebut (kalau di saham disebut sebagai kenaikan harga saham atau Capital Gain).

Deviden
Selain itu, apabila usaha bersama tersebut mendapatkan keuntungan, tentunya melalui keputusan bersama, keuntungan tersebut dapat dibagi (kalau di saham hal ini disebut sebagai Deviden atau bagi hasil.

Resiko Membeli Saham

Layaknya membeli suatu usaha juga, resiko terbesar dari berinvestasi saham baik itu melalui pasar modal (perusahaan terbuka) maupun secara langsung (perusahaan  tertutup) adalah kebangkrutan dari perusahaan yang kita beli.

Jadi sangat penting bagi investor pemula untuk betul – betul memperhatikan perusahaan apa yang akan dibeli sahamnya karena kinerja dari perusahaan tersebut akan menentukan harga saham Kita dimasa yang akan datang. Istilahnya jangan beli kucing dalam karung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *