Penjelasan Lengkap Tentang Google AMP

By | 16 September 2018

Farhan21.com – Bagi segelintir orang yang bergelut di dunia blog mungkin tak asing lagi dengan blog AMP. Karna dengan adanya fitur yang di berikan google yaitu AMP akan membuat blog mereka menjadi lebih cepat di akses dan jumlah pengunjung blog pun akan meningkat dengan cepat, nah pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan lengkap tentang Google AMP. Simak ulasannya berikut ini..

Berikut Penjelasan Lengkap Tentang Google AMP

Cara kerja fitur AMP sebenarnya mirip dengan Facebook instant articles. fitur Google AMP ini hanya bisa di gunakan di Google search engine ( mesin pencari Google ) , kalo Facebook instant articles hanya bisa digunakan di platform media sosial yaitu Facebook.

Lantas gimana caranya untuk meningkatkan trafic website atau blog dengan menggunakan Google AMP ? , sebenarnya fitur Google AMP ini akan membuat tampilan halaman blog kalian menjadi lebih sederhana, hal ini dapat membuat blog anda menjadi ringan dan mudah di akses. AMP ini akan minimalisir penggunaan CSS, JavaScript, dan HTML supaya waktu loading halaman menjadi lebih cepat.

Secara teknis fitur Google AMP ini akan menyimpan cache blog atau website pada browser anda, Pada saat anda kembali memuat halaman yg anda buka sebelumnya dengan alamat url yg sama maka anda tidak perlu lagi menunggu loading untuk membuka halaman tersebut di karenakan cache halaman tersebut sudah tersimpan di browser anda.

Google AMP sendiri dibedakan menjadi tiga komponen utama, berikut ulasannya.

1. AMP HTML

AMP HTML merupakan bagian dari HTML untuk artikel seperti berita atau konten yg banyak memuat huruf. Cara kerja dari AMP HTML ini adalah meminimalisir penggunaan tag seperti Javascript, CSS, dan HTML. Fitur AMP HTML ini akan mempriotitaskan untuk penggunaan pada platform mobile. Beberapa hal yang dilakukan fitur AMP HTML ini yaitu memperkecil atau menyesuaikan image, mengecilkan size CSS dan HTML dan melakukan inline CSS.

2. AMP JS

AMP JS adalah sebuah framework pada javascript yang berfungsi untuk mempercepat loading atau akses melalui perangkat ponsel atau smartphone dengan metode asynchronous. AMP JS ini akan mempercepat proses renderin halaman blog atau website. Perlu diketahui penggunaan javascript merupakan pihak ke tiga dan tidak dapat dilakukan oleh AMP.

3. AMP CDN

AMP CDN adalah AMP yang berfungsi menyimpan file website di server, sehingga pada saat kita mengakses halaman website dari server luar akan mempercepat loading halaman web tersebut. Cache akan di aktifkan ketika seseorang pengunjung mengakses website atau blog atau membuka blog yang sama. Fitur ini sangat mempermudah seseorang yang berada jauh dari server hosting anda.

Manfaat Google AMP bagi blog dan website :

Meningkatkan Traffic Blog atau Website

Dengan adanya Google AMP ini akan membuat Blog atau Website menjadi lebih cepat di akses. Sehingga akan meningkatkan adanya pengunjung dalam blog, banyak kasus yang terjadi pada saat seseorang mengakses blog anda dan loading nya terasa lama , sehingga orang tersebut akan meninggalkan blog tersebut , ini terjadi dikarenakan pagespeed atau kecepatan blog anda dibawah rata-rata, kalau page speed blog anda di bawah rata-rata sangat sulit bersaing di beranda Google.

Meningkatkan Peringkat Blog atau Website 

Dengan pagespeed blog yang cepat akan membuat blog kita akan dinilai di mata Google, dan akan memberikan peringkat baik pada blog anda, Jika blog anda pagespeed nya di atas 90% kalian bisa bersaing dengan blog atau situs-situs besar dan Alexa akan memberikan peringkat pada blog atau website anda, Dengan adanya peringkat pada blog anda, akan memudahkan konten kalian berada di pageone Google Search Engine.

Itulah sedekit tentang penjelasan lengkap tentang Google AMP, apabila ada pertanyaan tulis saja di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *