Potret Jadul Jenderal Sudirman Yang Bikin Bangga





Farhan21.com – Siapa tidak kenal Jendral Sudirman, Nama panglima dan Jendral besar ini menjadi nama jalan utama bukan saja di Jakarta, melainkan juga di banyak kota besar dan kecil di Indonesia.



Yuk kita lihat 5 momen langka perjuangan Jendral Sudirman di jaman revolusi dan perjuangan fisik melawan Belanda dan penjajah yang ingin mendorong kemerdekaan Indonesia:



1.Pernah Bertemu dengan Letkol Suharto dan Rosihan Anwar

Potret Jadul Jenderal Sudirman

Pada 8 Juli 1949, Jendral Sudirman bertemu dengan Letkol Suharto dan wartawan Rosihan Anwar di desa Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta. Banyak hal yang mereka diskusikan dalam menghadapi saat-saat genting melawan Belanda.

2.Menghadap Presiden

Potret Jadul Jenderal Sudirman

Setiap pulang dari gerilya, Jendral Sudirman juga mencoba bertemu dengan Bung Karno. Nah salah satunya adalah ketika Jendral Sudirman menghadap Bung Karno dan Bu Fatmawati serta Bung Hatta di Gedung Agung Yogya.

Peristiwa yang terjadi pada 10 Juli 1949 ini digunakan oleh Jendral Sudirman untuk melaporkan hal-hal yang terjadi selama melakukan perang gerilya.

3.Pelantikan Jendral Sudirman

Potret Jadul Jenderal Sudirman

Pada 15 Februari 1947, Jendral Sudirman dilantik oleh Presiden Sukarno secara resmi sebagai pimpinan tertinggi TNI. Terlihat sekali betapa sederhana para petinggi negara pada saat itu.

Baca Juga : Ini Bukti Kebenaran ‘The Flying Dutchman’ Ada Didunia Nyata

4.Pasukan Siliwangi Tiba di Yogya

Potret Jadul Jenderal Sudirman

Pada saat revolusi fisik melawan Belanda , pasukan SIliwangi dari Jawa Barat harus berpindah ke Yogyakarta.

Pada 12 Februari 1948, Mayor Mokoginta melapor kepada Jendral Sudirman bahwa pasukannya telah tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta.

5.Meresmikan Radio Telefoni Jawa Sumatra

Komunikasi juga memainkan peranan penting di tanah air, bahkan di waktu jaman perang. Terlihat jendral Sudirman sedang mencoba dan hubungan komunikasi radio telefoni Jawa Sumatra pada 17 Agustus 1946.

Dengan melihat foto-foto langka di atas, dapat dilihat betapa gagahnya sang Jendral dalam memimpin TNI. Sayang Jendral Sudirman tidak lama memimpin TNI. Beiau meninggal pada Januari 1950 daam usia sangat muda yaitu 33 tahun.

Penutup

Itulah beberapa Potret Jadul Jenderal Sudirman Yang Bikin Bangga yang bisa Admin sampaikan, Semoga bermanfaat ya.





Leave a Comment

x