Tokoh Komunis Indonesia Yang Menjadi Pahlawan Kemerdekaan

By | 16 November 2019

Farhan21.com – Dalam masa perjuangan kemerdekaan Indonesia memang banyak sekali para pemuda yang terlibat dalam perjuangan tersebut. Baik dari latar belakang Nasionalime, Agama dan Komunisme.

Para pemuda ini memang memiliki satu tujuan dan gagas yang sama yaini Indonesia Merdeka. Dalam memperoleh kemerdekaan tersebut memang banyak sekali yang gugur dalam pertempuran.

Para pemuda ini ada yang berjuang mengangkat senjata, berjuang dengan pemikirannya dan bahkan dengan tulisannya. Dan hal yang wajar bila para pemuda tersebut diangkat menjadi pahlawan.

Berbicara Pahlawan, ternyata sedikitnya ada 2 Pahlawan Indonesia yang berlatarbelakang dari Komunisme. Mau tahu? Berikut daftarnya:

1. Alimin bin Prawirodirdjo

Tokoh Komunis Indonesia Yang Menjadi Pahlawan Kemerdekaan

Alimin bin Prawirodirdjo atau yang akrab disebut Alimini ini memang sudah ddianugerahi sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah dengan berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 163 Tahun 1964 tertanggal 26-6-1964.

Sosok Alimin memang dikenal sangat aktif dalam pergerakan demi Indonesia Merdeka, dan bahkan pernah menjadi anggota Boedi Oetomo, Sarekat Islam, Insulinde.

Baca Juga : Kemarahan Soekarno Yang Membuat Jenderal Dunia Takut

2. Tan Malaka

Tokoh Komunis Indonesia Yang Menjadi Pahlawan Kemerdekaan

Memiliki nama asli Ibrahim dengan Gelar Datuk Sutan Malaka. Tan Malaka menjadi sosok paling penting di Organisasi kemerdekaan jaman dulu yang bernama Sarekat Islam (SI).

Sosok Tan Malaka memang sangat terkenal dengan pemikiran yang dimana dia tidak mau bernegosiasi dengan penjajah dalam urusan kemerdekaan. Maka tidak heran bila Presiden Indonesia Ir. Soekarno pernah bertemu dengan dirinya dan meminta dia untuk menggantikan kedudukannya jika Soekarno tertangkap oleh Sekutu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *