Tutorial Dasar – Dasar Investasi Untuk Pemula

By | 18 Mei 2019

Apa itu investasi?

Pada dasarnya, investasi adalah membeli suatu aset dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan tambahan di masa mendatang. Seorang investor yang sangat terkenal, Warren Buffet, mendefinisikan investasi sebagai “sebuah proses meletakkan uang pada saat ini untuk mendapatkan lebih banyak uang di masa mendatang.”

Mengapa investasi sangat penting?

Salah satu alasan utama dari investasi adalah untuk melindungi uang kamu dari inflasi.

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum. Inflasi membuat nilai uang saat ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai uang di masa mendatang. Sebagai contoh, apabila kamu memiliki uang sebesar Rp4.600 pada tahun 1996, kamu sudah bisa membeli satu buah Big Mac. Dengan nominal uang yang sama pada tahun 2018, kamu tidak bisa lagi membeli Big Mac karena harganya sudah mencapai Rp33.000. Coba bayangkan, apa yang kamu bisa beli saat ini dengan uang jajanmu pada 5, 10, 15, atau 20 tahun yang lalu. Tentunya lebih sedikit bukan? Itu merupakan pengaruh dari inflasi.

Adanya inflasi membuat investasi menjadi penting, karena menyisihkan uangmu untuk kemudian dimasukkan kedalam tabungan tidaklah cukup. Rata-rata inflasi tahunan mencapai 5.38%. Sementara Bank hanya bisa memberikan bunga rata-rata sebesar 2.37% per tahunnya atas uang yang kamu simpan. Berbeda dengan hanya menyimpan uangmu di Bank, nilai uangmu dapat tumbuh lebih tinggi apabila kamu investasikan. Berdasarkan rata-rata, uangmu rata-rata akan tumbuh pertahunnya sebesar 6.05% apabila kamu investasikan di emas, 7.01% di deposito, 8.64% di obligasi negara, dan 10.68% di saham.

Lalu produk investasi manakah yang terbaik?

Setiap produk investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, memiliki pemahaman mengenai bagaimana masing-masing instrumen investasi bekerja merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan investasimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *