Tutorial Investasi Saham Untuk Investor Pemula





Pada artikel sebelumnya sudah admin dijelaskan alasan kenapa kita harus investasi. Selain itu, sudah dijelaskan juga bahwa terdapat berbagai instrumen yang kamu bisa gunakan untuk investasi, salah satunya saham. Sekarang, kita mulai bahas mengenai investasi saham yuk!



Apa sih saham itu?

Saham adalah bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Artinya, ketika kita membeli saham suatu perusahaan berarti kita membeli sebagian kepemilikan dari perusahaan tersebut, termasuk hak dan kewajiban yang melekat didalamnya.



Apakah saham ada bentuk fisiknya?

Pada jaman dahulu saham berbentuk sertifikat. Namun, untuk memudahkan proses jual, beli, dan penyimpanan, kini saham sudah berubah menjadi elektronik. Yahh, tapi saya maunya yang berbentuk sertifikat, bisa gak? Bisa. dengan menghubungi perusahaan sekuritas Anda untuk mengubah saham dari scriptless menjadi script. Nanti mereka yang akan mengurus hal tersebut dengan bantuan Biro Administrasi Efek (BAE).

Berapa lama bisa investasi saham?

Anda bisa memiliki saham sebuah perusahaan selama perusahaan tersebut masih ada (tidak bangkrut). Jadi selama perusahaan yang sahamnya kamu miliki masih ada, saham tersebut bisa kamu miliki bahkan diwariskan.

Apa keuntungan membeli saham?

1. Capital Gain

Layaknya membeli suatu usaha bersama, keuntungan yg dapat kita peroleh pada saat membeli saham adalah kenaikan nilai dari usaha tersebut. Kalau di saham, hal ini sering disebut sebagai kenaikan harga saham atau capital gain.

2. Dividen

Apabila usaha bersama tersebut mendapatkan keuntungan, tentunya melalui keputusan bersama, keuntungan tersebut dapat dibagi kepada para pemegang saham. Kalau di dunia saham hal ini disebut sebagai dividen atau bagi hasil.

Apa risiko memiliki saham?

1. Harga saham turun

2. Perusahaan bangkrut

Risiko terbesar dari para pemegang saham adalah ketika perusahaan yang sahamnya dimiliki mengalami kebangkrutan. Karena ketika perusahaan bangkrut dan aset-asetnya dijual, hasil penjualan aset akan terlebih dulu diprioritaskan untuk pihak-pihak yang memberikan hutang kepada perusahaan. Sedangkan pemegang saham, sebagai pemilik perusahaan, menjadi pihak yang paling terakhir dapat menerima sisa penjualan aset tersebut.

Jadi sangat penting bagi investor pemula untuk betul-betul memperhatikan perusahaan apa yg akan dibeli sahamnya. Karena, kinerja dari perusahaan tersebut akan menentukan harga saham kita dimasa yg akan datang. Jadi, jangan beli kucing dalam karung ya. Selalu teliti sebelum membeli. Kalau tidak yakin dengan suatu perusahaan, tinggalkan! Masih banyak pilihan perusahaan lainnya.

Berapa dana yang harus disiapkan untuk membeli saham?

Tergantung harga sahamnya saat akan dibeli, dengan minimal pembelian 1 lot (100 lembar saham).

Sebagai contoh:

  1. Saham BRI Syariah (BRIS) saat ini sekitar Rp550/lembar jadi minimal pembelian Rp55.000 dan kelipatannya;

  2. Saham Unilever (UNVR) saat ini sekitar Rp45.000 per lembar, jadi minimal pembelian Rp4.500.000 dan kelipatannya;

  3. Saham Wijaya Karya Beton (WTON) saat ini sekitar Rp400/lembar jd minimal pembelian Rp40.000 dan kelipatannya.

Dimana bisa lihat harga saham?

  1. Aplikasi Online Trading Perusahaan Sekuritas

  2. Yahoo Finance

  3. Reuters

  4. Aplikasi RTI Business

  5. Atau kamu bisa googling dengan menggunakan kode perusahaan yang dimaksud.

Bagaimana cara membuka rekening di perusahaan sekuritas?

  1. Kunjungi perusahaan sekuritas di kota kamu. Untuk daftar perusahaan sekuritasnya bisa kamu cari disini ya: https://www.idx.co.id/investor/perusahaan-sekuritas-di-kota-anda/

  2. Bawa dokumen pendukung: a. Fotokopi KTP; b. Fotokopi NPWP (jika ada); c. Fotokopi halaman depan buku tabungan

  3. Isi dan tandatangani formulir pembukaan rekening efek dari perusahaan sekuritas

  4. Tunggu konfirmasi dari perusahaan sekuritas bahwa Rekening Efek kamu sudah jadi

Saat ini, sudah tersedia juga layanan pembukaan saham full online oleh beberapa perusahaan sekuritas. Jadi kamu tidak perlu kirim-kirim dokumen secara fisik lagi dan bisa langsung melakukan transaksi dalam waktu 1 hari.

Bagaimana cara memilih saham berkinerja bagus?

Secara garis besar ada dua metode yang dapat digunakan untuk memilih saham:

1. Fundamental

Untuk menentukan perusahaan apa yang sebaiknya dibeli. Fundamental perusahaan adalah nomor satu. Apabila Anda sudah yakin dengan fundamental perusahaan, baru kemudian analisa dari sisi teknikalnya.

2. Teknikal

Untuk menentukan kapan harus membeli. Sekali lagi admin tekankan, analisa teknikal hanya dipakai untuk

mengkonfirmasi titik naik turun harga saham setelah fundamentalnya terpenuhi. Apabila fundamentalnya tidak terpenuhi maka analisa teknikal akan sia-sia.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait analisa saham, simak tutorial selanjutnya mengenai analisa fundamental dan teknikal ya!

#VStory





Leave a Comment

x